Senin, 09 Januari 2023

HARI INI ADALAH PERUBAHAN



Putaran waktu siapa yang sanggup menghentikan? Waktu terus berputar menggerus hari tanpa perlu meminta izin. Waktu terasa cepat, juga bisa terasa lama, itu hanya soal rasa bagaimana menyikapi perputaran waktu. Mari kita bersinergi dengan waktu. Biarkanlah banyak hal yang bisa kita perbuat seiring waktu yang berjalan.

Mungkin tanpa sadar, kita kerap kali mengucapkan sebuah kata : "sudah jam 2.00 aja ya". Atau "sudah malam Sabtu saja ya, tidak terasa". Atau "sudah mau bulan Ramadhan lagi ya, perasaan baru kemaren". Dan banyak ungkapan dengan nada yang sama. Apa artinya? Karena waktu berputar dengan cepat. Atau karena kita terlalu menikmati hidup sehingga tidak terasa hari berlalu begitu saja. Atau bisa banyak kemungkinan tergantung persepsi kita soal itu. Ada hal menarik dari perkataan tersebut kalau kita kaji lebih dalam.

Coba perhatikan! Jam 2.00 saat ini apakah sama dengan jam 2.00 kemaren? Atau 3 hari yang lalu? Atau 2 Minggu yg lalu? Atau yang sebelumnya? Jawabannya, tidak sama. Kenapa bisa tidak sama? Jam boleh sama, tapi suasana dan alurnya pasti berbeda. Itulah yang mestinya kita pelajari lebih lanjut.

Sama halnya dengan pertanyaan, malam Sabtu ini apakah sama dengan yang sebelumnya? Bulan Ramadhan tahun ini apakah sama dengan Ramadhan tahun sebelumnya? Pagi ini apakah sama dengan kemaren? Dan masih banyak lagi yang lainnya. Jawabannya tentu tidak sama.

Ini nyata sekali. Bahwa kejadian yang kita alami detik ini, menit ini, jam ini, hari ini, Minggu ini, dan seterusnya, jelas tidak sama dengan waktu sebelumnya. Itulah kebesaran Allah. Tidak ada copy paste. Meskipun terlihat sama pekerjaannya, pasti hasil dan perolehannya berbeda. Saya menggunakan kata "pasti" karena begitulah Taqdir Allah SWT. Sangat pasti dan sangat eksak.

Waktu menjelaskan soal bertumbuh dan pola perubahan yang berbeda. Dahulu kita masih anak-anak. Seiring berjalannya waktu kita tumbuh besar hingga seusia sekarang. Begitu pula hari yang kita lewati. Meski sama hari dan jamnya, pasti hasilnya berbeda. 

Nah! Kalau hari yang kita lewati saat ini berbeda dengan kemaren dan sebelumnya, tapi kenapa perilaku kita tidak berubah? Tetap sama dengan kemaren bahkan mungkin lebih buruk. 

Waktu mengisyaratkan perubahan. Hari-hari yang dilewati tidak akan sama. Karenanya, kita harus berubah menjadi lebih baik. Bersinergi dengan waktu artinya mengikuti rytme perubahan ke arah yang lebih baik. Mari kita introspeksi diri. 

Apakah ibadah kita masih sama dengan kemaren? 
Apakah Sholat kita masih tidak fokus seperti kemaren? 
Apakah Dzikir kita masih kurang ikhlas seperti kemaren? 
Apakah kita masih orang yang tidak bisa sabar? 
Apakah kita masih orang yang tetap saja sombong?
Apakah amal kita masih sama saja seperti kemaren?

Sebuah pepatah mengatakan : 
Jadikanlah hari ini lebih baik dari kemaren. Kalau hari ini sama seperti kemarin maka kita rugi. Ketika hari ini lebih buruk dari kemarin maka kita celaka.

Hari kemarin adalah pelajaran
Hari esok adalah harapan
Hari ini adalah perubahan 

Berubahlah menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu. Tidak ada kata terlambat. 

Previous Post
Next Post

AbbyBaca adalah Blog yang membahas seputar masalah Agama, Kehidupan, Bisnis, Minat dan peluang. Semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih sudah membaca.

4 komentar:

  1. Assalamu 'alaikum, sahabat semuanya... mari mulai untuk memperbaiki diri dengan update dalam keilmuan di blog ini

    BalasHapus
  2. InsyaAllah artikel ini sangat membantu

    BalasHapus
  3. Artikel ini benar² sangat membantu dan mengingatkan kita untuk senantiasa mengatur waktu dengan sebaik² nya dengan hal² yg manfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat dan menebar keberkahan senantiasa, aamiin

      Hapus