Selasa, 10 Januari 2023

IBADAH ADALAH KEBUTUHAN

Menjalani hidup dengan penuh harap Serta ikhtiar yang maksimal tanpa Keluh kesah. Tentu saja tidak semudah yang diucapkan. Tapi memang inilah yang seharusnya dijalankan, jika menginginkan ketenangan dan kenyamanan sejati.

Melaksanakan ibadah sebagai kebutuhan. Tidak menjadikannya kewajiban, terlebih menjadikannya sebagai beban.

Kenapa harus?

Jika ibadah menjadi kebutuhan, maka ghiroh ibadah akan muncul, fokus dan konsentrasi full akan lahir, ikhlas dan rasa nikmat mulai tumbuh, serta kualitas ibadah akan hadir.

Tapi kalau ibadah menjadi kewajiban, maka hanya sekedar melakukan rutinitas saja, hanya menggugurkan kewajiban saja. Sehingga kualitas ibadah tidak terlalu dipikirkan, hanya sekedar selesai saja melaksanakannya.

Yang paling parah ketika ibadah malah menjadi beban, sehingga muncullah kekecewaan, penderitaan dan keluh kesah. Tidak akan sabar melewati semua itu, dan tumbuhlah rasa meremehkan dan syahwat yang merusak.

Ibadah harus bernilai pahala, supaya bermanfaat sampai di kehidupan akhirat. Terkadang ibadah yang kita kerjakan terlihat dari luar sungguh bagus, tapi tatkala kita buka dalamnya, ternyata menyimpan hal yang merusak, seperti Kesombongan, Ujub, Riya dan yang lainnya. Maka biarlah ibadah tetap menjadi utuh terlihat Dzohir dan bathin bernilai baik.

Kalau kita perhatikan kembali, ibadah adalah amal. Amal itu ibarat tubuh. Supaya amal itu hidup dan bermanfaat, harus memiliki ruh. Ruh sebuah amal adalah niat yang ikhlas. Karenanya, ikhlas menjadi keharusan dalam sebuah amal. Sebaik apapun kita terlihat dari luar, tentu tidak akan dilihat oleh Allah SWT. Allah hanya melihat niat kita.

Previous Post
Next Post

AbbyBaca adalah Blog yang membahas seputar masalah Agama, Kehidupan, Bisnis, Minat dan peluang. Semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih sudah membaca.

0 comments: